INFORMASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA SUMBERSARI TAHUN 2018











INFORMASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA SUMBERSARI

TAHUN 2018

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wa barakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Saudara-saudara warga masyarakat Desa Sumbersari yang saya hormati dan saya banggakan. Alhamdulillaahirobil’alamin. Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala atas semua limpahan rahmat dan karunia-Nya atas tersusunnya Informasi  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Sumbersari Tahun 2018.

Penyelenggaraan pemerintahan desa tentu tidak terlepas dari visi-misi Kepala Desa Sumbersari sebagaimana tertuang dalam Peraturan Desa Sumbersari Nomor 5 tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah tahun 2015-2020 yaitu :
Visi
 “Terwujudnya Sumbersari sebagai Desa yang mandiri berbasis pertanian, untuk mencapai masyarakat yang sehat, cerdas dan lebih sejahtera.”
Dengan penjelasan sebagai berikut :
a.   Desa yang mandiri berbasis pertanian mengandung pengertian bahwa masyarakat Desa Sumbersari mampu mewujudkan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan masyarakat desa lain yang lebih maju dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri yang berbasis pada keunggulan lokal di bidang pertanian secara luas
b.   Masyarakat yang sehat adalah masyarakat yang memiliki ketangguhan jiwa dan raga yang sehat dan kuat.
c.    Masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta mampu memanfaatkannya secara cepat dan tepat, guna mengatasi setiap permasalahan pembangunan pada khususnya dan permasalahan kehidupan pada umumnya.
d.   Masyarakat yang lebih sejahtera adalah bahwa diupayakan agar tercapai ketercukupan kebutuhan masyarakat secara lahir dan batin (sandang, pangan, papan, agama, pendidikan, kesehatan, rasa aman dan tentram).
Misi
1.   Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang mendukung perekonomian desa, seperti jalan, jembatan serta infrastruktur strategis lainnya.
2.   Meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan untuk mendorong derajat kesehatan masyarakat agar dapat bekerja lebih optimal dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang.
3.   Meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kecerdasan dan daya saing yang lebih baik.
4.   Meningkatkan pembangunan ekonomi dengan mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya pembangunan di bidang pertanian dalam arti luas, industri, perdagangan dan Industri Rumah tangga .
5.   Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) berdasarkan demokratisasi, transparansi, penegakan hukum, berkeadilan, kesetaraan gender dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.
6.   Mengupayakan pelestarian sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dan pemerataan pembangunan guna meningkatkan perekonomian.

STRATEGI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA

STRATEGI PEMBANGUNAN DESA
Strategi pembangunan Desa mengacu pada rencana yang telah dituangkan dalam RPJM Desa Sumbersari tahun 2014 – 2020 yang kemudian dituangkan dalam siklus tahunan Desa melalui RKP Desa yang selanjutnya dijabarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Untuk mencerminkan keberpihakan terhadap kebutuhan riil masyarakat, setiap tahunnya Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa Sumbersari  menetapkan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) secara partisipatif dan transparan dengan proses penyusunannya dimulai dari penjaringan aspirasi, musyawarah desa dan rapat umum BPD untuk penetapannya.

KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA
Memperhatikan Visi dan Misi Kepala Desa maka disusun kebijakan pembangunan Desa Sumbersari sebagai berikut :
a.   Bidang Pemerintahan
1)   Memberikan pelayanan dengan lebih mudah untuk kepentingan masyarakat.
2)   Mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi Aparatur Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa.
3)   Meningkatkan tata birokrasi pemerintahan Desa.
4)   Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak dan retribusi.
5)   Meningkatkan pengelolaan keuangan desa dengan jujur, tertib, disiplin dan transparan.
6)   Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyusun perencanaan desa.
7)   Menyusun tata regulasi desa dengan baik.
8)   Meningkatkan ketertiban dan ketentraman masyarakat.
9)   Bersinergi dan bekerja sama dengan mitra kerja penyelenggaran pemerintahan yaitu Badan Permusyawaratan Desa dan Lembaga Kemasayarkatan Desa dan lembaga-lembaga desa yang lainnya sehingga jalannya pemerintahan desa menjadi lebih baik.
b.   Bidang Pembangunan dan Perekonomian
1)   Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana penunjang kegiatan pertanian.
2)   Meningkatkan pembangunan sarana dan preasarana penunjang kegiatan perekonomian.
3)   Mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan derajat ekonomi warga
4)   Mengatur pola tanam untuk meningkatkan hasil pertanian
5)   Meningkatkan derajat kesehatan warga dengan pembangunan dan fasilitasi, sarana dan prasarana kesehatan dan keluarga berencana.
6)   Memfasilitasi masyarakat agar dapat lebih mudah mengakses program pemerintah dan lembaga lainnya.

c.    Bidang Kemasyarakatan dan Pendidikan
1)   Pembinaan dan fasilitasi Lembaga Kemasrakatan Desa
2)   Meningkatkan peran serta pemuda dalam masyarakat.
3)   Meningkatkan rasa memiliki masyarakat kepada bangsa dan Negara.
4)   Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat.
5)   Mengembangkan dan melestarikan budaya
6)   Meningkatkan pengetahuan masyarakat.
7)   Menanggulangi kemiskinan
8)   Meningkatkan peran serta masyarakat untuk menuju desa sumbersari desa ramah anak.

PRIORITAS PEMBANGUNAN DESA
Dalam menjalankan kebijakan pembangunan desa ada langkah-langkah prioritas sebagai berikut :
1.   Menciptakan suasana kerja yang baik dengan meningkatkan fasilitas baik prasarana maupun sarana penunjang kerja dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.
2.   Menciptakan suasana lingkungan masyarakat yang aman, nyaman dan tertib.
3.   Membangun dan mendorong usaha untuk mengembangkan sektor pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan dan budidaya, produksi pemasaran, pengolahan hasil pertanian dan perkebunan.
4.   Mendorong usaha terciptanya pembangunan disegala bidang yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
5.   Melaksanakan pelatihan-pelatihan dalam usaha peningkatan sumberdaya manusia.
6.   Menjaga kelestarian dan mengembangkan serta meningkatkan produktifitas sumberdaya alam, pertanian dan industri rumah tangga.
7.   Meningkatkan peran serta, gotong royong, dan persatuan masyarakat.
8.   Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
9.   Meningkatkan pendapatan masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan.
10. Meningkatkan dan melestarikan seni budaya dan wisata.

PELAKSANAAN PROGRAM
Untuk mencapai visi dan misi tertuang dan terwadahi dalam dalam 4 (empat) bidang kewenangan desa yang telah dilaksanakan pemerintah desa tahun 2018 yaitu sebagai berikut:

1)      Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa
 
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa
Bidang penyelenggaran pemerintahan desa dilaksanakan atau diimplementasikan  melalui kegiatan:
a.   memberikan kesejahteraan bagi aparatur pemerintah desa, lembaga kemasyarakat desa, dan memastikan pemerintahan desa dapat berjalan dengan optimal melalui operasional perkantoran desa. Kepala desa, perangkat desa dan staf pemerintah desa diberikan penghasilan tetap sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kemampuan keuangan desa, tunjangan-tunjangan serta tanah pelungguh. Jumlah perangkat desa Sumbersari 1 kepala desa, 1 sekretaris desa, 3 kepala urusan, 3 kepala seksi, 13 dukuh, dan 6 staf perangkat desa.
b.   Bagi BPD diberikan operasional pelaksanaan kegiatan yang cukup dan tunjangan setiap bulan sesuai dengan kemampuan keuangan desa. Jumlah anggota BPD sebanyak 11 orang dan terbagi atas ketua, wakil ketua, Sekretaris, ketua kelompok kerja, dan anggota.
c.    Sampai dengan akhir tahun 2018 jumlah RT sebanyak 90 dan RW sebanyak 35. Untuk RT/RW setiap tahun diberikan insentif sesuai dengan kemampuan keuangan desa sebagai penunjang kegiatan kelembagaannya sesuai dengan tugas dan fungsi RT/RW.
d.   Dalam rangka tugas pembantuan pencapaian pelunasan pajak bumi dan bangunan, dilaksanakan kegiatan intensifikasi PBB, fasilitasi pekan pembayaran PBB, dan update data PBB yang dilakukan di setiap padukuhan. Capaian pelunasan PBB di Desa Sumbersari tahun 2018 tercapai sebanyak Rp 140.900.117,- dengan jumlah wajib pajak sebanyak 6.964 SPPT, tercapai 100 % dari 90% yang ditargetkan.
e.   Guna meningkatkan kinerja perangkat desa dilaksanakan pertemuan rutin 2 minggu sekali untuk Kades, Sekdes, Kasi dan Kaur sebagai sarana untuk koordinasi dan penyampaian informasi penting dan tindaklanjut pelaksanaan kegiatan-kegiatan masing-masing pelaksana teknis dan sekretariat. Untuk pertemuan rutin bersama Dukuh dilaksanakan setiap 1 bulan sekali.
f.    Pendataan penduduk dilakukan untuk mengetahui jumlah penduduk desa Sumbersari secara nyata dengan hasil jumlah penduduk laki-laki sebanyak 4.678 jiwa, jumlah penduduk perempuan sebanyak 4.800 jiwa, total jumlah penduduk sebanyak 9.478 jiwa.
g.   Penyusunan anggaran, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa (termuat dalam Peraturan Desa nomor 1 tahun 2019 tentang Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes tahun Anggaran 2018) dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Pada tahun 2018 jumlah pendapatan yang diterima sebesar Rp 2.537.823.842,00 dengan jumlah belanja sebesar Rp 2.48.347.345,00 sehingga terdapat sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) sebesar Rp 277.095.575,00.

2.      Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Pembangunan saluran drainase di padukuhan Sombangan
Bidang pelaksanaan pembangunan desa dilaksanakan atau diimplementasikan  melalui kegiatan:
a.   Pengelolaan Pos Kesehatan Desa
b.   Pengelolaan dan Pembinaan POSYANDU, termasuk memberikan Insentif bagi kader POSYANDU LANSIA dan POSYANDU BALITA
c.    Pembinaan dan Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkotika.
d.   Fasilitasi penyuluhan kesehatan.
e.   Fasilitasi Kegiatan Bidang Kesehatan.
f.    Fasilitasi Pembinaan Kader Kesehatan Desa, termasuk pemberian insentif bagi kader Kesehatan dan Kader KB
g.   Penyelenggaraan Promosi Kesehatan dan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat.
h.   Fasilitasi Pembinaan Keluarga Berencana
i.     Fasilitasi Pembinaan Kader KB
j.     Pengelolaan dan Pembinaan PAUD
k.    Pengelolan Sistem Air Bersih Berskala Desa dengan membangun jaringan perpipaan bersinergi dengan program PAMSIMAS.
l.     Pemeliharaan Kantor atau Balai Desa.
m.  Pemeliharaan dan Peningkatan Jalan Desa
n.   Pemeliharaan Jembatan Desa dan Pembangunan Gorong Gorong
o.   Pembangunan dan Pemeliharaan Drainase dan Talud Jalan.
p.   Pembangunan dan Pemeliharaan Saluran Irigasi dan Saluran untuk budidaya perikanan.
q.   Pembangunan Gedung Olahraga.

3.   Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa
Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman

Bidang pembinaan kemasyarakatan desa dilaksanakan atau diimplementasikan  melalui kegiatan:
a.   Mengoptimalkan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LPMD, PKK, Karang Taruna, RT, RW) serta memberikan perhatian bagi lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra dalam penyelenggaraan pemerintah desa. Untuk itu diberikan dana operasional kepada lembaga tersebut dalam bentuk kegiatan untuk menjalankan tugas dan fungsi lembaga.
b.   Pembinaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), agar BPD dapat melaksanakan sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya.
c.    Sebagai salah satu unsur pelaksanaan ketentraman dan ketertiban masyarakat, Linmas diberikan pembinaan. Jumlah Linmas aktif di desa adalah 60 orang yang tersebar di 13 Padukuhan.
d.   Pembinaan Rois dan tokoh agama Katholik dan Kristen. Pemerintah desa memberikan perhatian dengan memberikan insentif setiap tahunnya.
e.   Pekan Olah Raga Desa dilaksanakan sebagai wahana untuk meningkatkan derajat kesehatan warga, mencari bibit-bibit atlit olah raga dari desa, serta sebagai ajang menjalin persahabatan antar warga melalui kompetisi yang positif. Pekan Olah Raga Desa diikuti oleh semua lapisan masyarakat dengan mempertandingkan cabang olah raga bulutangkis, tenis meja, catur, atletik, futsal dan bola voli.
f.    Pelaksanaan upacara adat dilaksanakan umtuk memperingati Hari Jadi Desa Sumbersari ke 72 Tahun 2018 dengan Kirab dan Pentas Budaya serta Gelar potensi melibatkan seluruh elemen masyarakat.

4.   Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Bidang pemberdayaan masyarakat desa dilaksanakan atau diimplementasikan  melalui kegiatan:
a.   Pelatihan ketrampilan bagi perempuan. Ketrampilan diberikan kepada kelompok masyarakat perempuan, diutamakan untuk warga yang kurang mampu.
b.   Guna mendukung program penanggulangan kemiskinan, Pemerintah Desa melaksanakan updating data kemiskinan di wilayah Desa Sumbersari
c.    Pembentukan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak), sebagai wujud kepedulian Pemerintah Desa kepada kelompok rentan masyarakat.
d.   Pemberian stimulan bagi kelompok diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Pelatihan Bagi Kelompok Perempuan

REALISASI APBDes
Realisasi APBDes Desa Sumbersari Tahun 2018 telah ditetapkan dengan Peraturan Desa Sumbersari Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pertangungjawaban Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2018 Rincian realisasi APBDes Tahun 2018 sebagai berikut :
1.   Pendapatan
Uraian
Jumlah Anggaran
(Rp)
Realisasi
(Rp)
Pendapatan Asli Desa
65.828.000,-
76.864.128,-
Pendapatan Transfer
2.354.389.795,-
2.460.359.714,-
Pendapatan Lain-lain
4.500.000,-
0,-
Jumlah
2.424.717.795,-
2.537.823.842,-

2.   Belanja
Bidang
Jumlah Anggaran
(Rp)
Realisasi
(Rp)
Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan
1.104.005.395,-
1.066.616.745,-
Bidang Pembangunan
1.068.932.300,-
1.028.437.000,-
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
290.501.500,-
290.499.500,-
Bidang Pemberdayaan Masyarakat
105.150.000,-
103.794.000,-
Bidang Tak Terduga
7.802.750,-
0,-
Jumlah
2.576.391.945,-
2.489.347.345,-

3.   Pembiayaan
Uraian
Jumlah Anggaran
(Rp)
Realisasi
(Rp)
Penerimaan Pembiayaan
258.596.212,-
258.596.212,-
Pengeluaran Pembiayaan
30.349.700,-
30.349.700,-
Jumlah Pembiayaan

228.246.512,-

228.246.512,-

SILPA 2018

76.572.362,-

277.095.575,-

Demikian Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Sumbersari Tahun 2018 kami sampaikan kepada warga masyarakat pada umumnya dan warga Desa Sumbersari pada khususnya. Harapan kami informasi ini dapat menjadi parameter keberhasilan pembangunan di Desa Sumbersari. Saran dan kritik dapat dikirimkan ke e-mail sumbersaridesaku@gmail.com, alamat surat Blendung VIII Sumbersari Moyudan Sleman 55563, atau SMS/WA 081391513349.

Kami sangat mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam membangun Desa Sumbersari. Oleh karena itu, masukan yang bersifat konstruktif senantiasa kami harapkan untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi dan misi Desa Sumbersari.

Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wa barakatuh.

.
Sumbersari, 29 Maret 2019
Kepala Desa Sumbersari



BAMBANG SARDJANA, S.H.



Back To Top